MULAI BERTUGAS, SHIN TAE YONG BENTUK TIM KEPELATIHAN

Pelatih baru tim nasional Indonesia, Shin Tae-yong, akan segera memulai tugasnya menangani tim nasional Indonesia. Ia pun bergerak cepat dengan menyusun staf kepelatihan untuk membantu tugasnya nanti. Seperti dilansir dari situs berita timnas Indonesia, Bola Nusantara, mantan pelatih tim nasional Korea Selatan ini nantinya akan dibantu oleh dua pelatih lokal. Hal tersebut mengingat mandat yang diberikan oleh PSSI kepada Shin Tae-yong memang cukup besar, ia tidak hanya menangani timnas senior namun juga timnas U-20, selain itu ia turut membantu untuk timnas kelompok umur lain.

Salah satu nama yang disinyalir akan membantu Shin Tae-yong adalah Indra Sjafri, mantan nakhoda Bali United ini terakhir melatih timnas U-23 pada ajang SEA Games 2019 di FIlipina. Di ajang tersebut anak-anak asuhan Indra Sjafri berhasil meraih medali perak setelah ditaklukkan Vietnam di babak final.

Menanggapi hal tersebut, Indra Sjafri sendiri berkomentar bahwa dirinya mengaku siap seandainya dipercaya membantu Shin Tae-yong.

“Saya akan bekerja sama dengan coach Shin Tae-yong dan membantu dia dalam bekerja di timnas nanti. Sebelumnya saya sudah berdiskusi dengan PSSI tentang keberadaan saya di timnas,” ujarnya lewat akun Instagram pribadinya.

“Saya juga sudah diskusi saat meeting perdana dengan coach Shin Tae-yong tanggal 28 Desember 2019 tentang tugas dan tanggung jawab dia di PSSI dan membicarakan program kedepannya,” tambah pelatih asal Sumatera Barat tersebut.

“Kami juga segera akan membentuk struktur dan personil timnas senior, timnas U-23, dan timnas U-19,” ujar Indra.

Indra sendiri juga tidak ambil pusing mengenai pemberitaan bahwa dirinya terkesan arogan ketika ditanya soal kesiapannya menjadi pelatih kepala di timnas senior. Ia meluruskan bahwa ia bukanlah sombong, namun memang sudah siap jika dipercayakan mengisi posisi tersebut.

“Padahal saya sudah proses dari U-16 sampai U-23. Ada orang Indonesia yang melalui proses itu, dan mendapat prestasi lalu dibilang sombong. Saya tidak sombong, tapi memang berkeyakinan siap,” tegasnya lagi.

Selain Indra Sjafri, Shin Tae-yong juga memastikan satu nama lagi yang akan mengisi tim kepelatihannya, yakni Lee Jae-hong sebagai pelatih fisik. Masalah fisik, menurut pelatih berusia 50 tahun tersebut merupakan salah satu hal yang ia akui menjadi kelemahan timnas Indonesia dalam pengamatannya.

“Saya akan meminta pelatih fisik Lee Jae-hong yang punya pengalaman di Piala Dunia untuk meningkatkan kebugaran pemain, memahami kultur Indonesia, dan menyesuaikan pola makan. Dua pelatih Indonesia juga akan ada di sana,” tambahnya seperti dilansir aplikasi berita sepakbola, Bola Nusantara.

Pengumuman resmi mengenai program kerja Shin Tae-yong beserta staf kepelatihannya akan diumumkan oleh PSSI pada 6 Januari mendatang setelah Shin Tae-yong datang dari kampung halamannya di Korea Selatan untuk merayakan tahun baru dengan keluarga.

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *