Cek 3 Komponen Ini Apabila Motor Tidak Bisa Hidup Setelah Di Cuci

Jadi kendaran seharian, motor seringkali hadapi hujan serta kubangan air. Untuk jaga penampilan serta tetap kelihatan elok waktu berkendara, pemilik ‘wajib’ membersihkan motornya sehabis dipakai.

Sayangnya bersihkan motor tidak sanggup asal membersihkan saja. Jangan pernah saat usai dibikin higienis, motor kecintaan susah untuk dihidupkan.

Walau tidak beresiko untuk kesehatan motor, tetapi kendala semacam ini akan mengganggu dikala sedang terburu–buru.

Tersebut ada tiga elemen yang perlu dicheck ketika motor tidak dapat menyala sesudah dicuci.

1. Air masuk karburator

Waktu dicuci, bisa air masuk ke mangkok karburator dengan tidak menyengaja. Elemen ini yakni kawasan pembakaran bahan bakar yang bersatu dengan udara, kehadiran air pasti benar-benar mengganggu.

Jalan keluarnya, pemilik kendaraan harus buka mangkok karburator. Yakinkan, Anda telah tutup kran bensin terlebih dulu.

2. Kop Busi

Kop busi motor dapat jadi permasalahan penting pada mogoknya motor alasannya air benar-benar gampang masuk ke sisi itu. Kop busi yakni sisi yang menyambungkan kabel busi dengan busi.

Untuk membersihkannya, pemilik perlu melepas kop busi serta membersihkannya dengan kain yang kering.

3. Piranti bagan pengapian

Tidak hanya cop busi, sisi elektroda dari busi mampu juga saja alami kelembapan lantaran terserang air waktu motor dicuci. Tidak hanya pastikan elemen ini kering, Anda pun harus mengusut keadaan kelistrikan.

Pasang busi pada kop busi, serta lekatkan ulir busi pada blok silinder atau kepala silinder. Coba nyalakan motor dengan kick starter. Bila ada percikan api yang keluar, lantaran itu kelistrikan dari motor tidak ada permasalahan.

Tetapi, jika tidak ada arus listrik yang kelihatan, karena itu pemilik harus menyidik sketsa pengapian seakan-akan soket dari CDI. Susuri jalan dari pangkal kabel busi. Turuti jalannya sampai temukan elemen lain ibarat koil serta CDI. Yakinkan tidak ada yang salah dengan komponen–komponen ini.